Saatnya Pemeriksaan Mamografi Untuk Kesehatan Payudara

tes mamografiCantik, bugar dan tetap terlihat menarik adalah harapan setiap wanita. Di usia berapapun kita dengan perawatan yang baik tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Begitu pula dengan keindahan tubuh wanita khususnya pada bagian payudara. Payudara butuh perawatan yang baik agar tetap sehat dan terlihat menarik untuk kita dan pasangan.

Peduli Keindahan Payudara Tentu Peduli Pada Kesehatannya

Perawatan payudara tidak hanya dengan menjaga bentuk, kepadatan dan kekenyalannya. Yang terpenting adalah kesehatan payudara itu sendiri. Peduli dengan keindahan payudara, tentu harus peduli pada kesehatan payudara. Kanker payudara menjadi ancaman terbesar untuk payudara. Tidak hanya merusak keindahan payudara, kanker payudara juga menjadi kanker penyebab kematian terbesar untuk wanita. Untuk itu sebaiknya kita mewaspadai sebelum kanker menggerogoti aset berharga kita.

Pemeriksaan Mamografi Untuk Kesehatan Payudara

Benar kata pepatah “mencegah selalu lebih baik dari mengobati”. Sebelum anda terkena kanker payudara, (mudah-mudahan tidak pernah terjadi pada anda) sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan payudara dengan cara pemeriksaan mamografi. Pemeriksaan  payudara dan diagnosa terhadap penyakit kanker payudara  melalui pemeriksaan mamografi menjadi standar pemeriksaan untuk mencegah dan mengobati kanker payudara.

Pemeriksaan Mamografi sebaiknya dilakukan secara berkala di usia separuh baya atau sekitar 40 tahun, sebab pada usia ini kulit payudara sudah mulai menipis sehingga mudah untuk mendiagnosis kesehatannya.  Menurut dr. Alfifah Amiruddin yang dilansir dari kompas online menyebutkan bahwa ” Payudara wanita berusia 20-30 tahun masih sangat padat sehingga masih sulit untuk melihat apakah ada kelainan pada payudaranya”. Itulah mengapa di usia 40 tahun, wanita diwajibkan untuk memeriksakan payudaranya dengan jalan mamografi.

Pemeriksaan Mamografi untuk Wanita Muda

MRI untuk payudaraUntuk usia 20-30 tahun dapat memeriksakan payudaranya dengan pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging). Ahli kesehatan di Inggris dan Amerika berpendapat pemeriksaan payudara dengan MRI cenderung lebih aman ketimbang mamografi untuk wanita muda. Radiasi tambahan dari tes mamografi ternyata dapat memicu resiko kemunculan kanker payudara. Meskipun ini hanya isu hangat, namun ada baiknya untuk kita lakukan, mencegah lebih baik dari mengobati bukan?

Kapan Sebaiknya Pemeriksaan Mamografi Dilakukan.

Saat datang bulan atau masa menstruasi, payudara akan mengembang dan payudara juga menjadi sedikit nyeri karena adanya retensi cairan karena itu sebaiknya mamografi dilakukan setelah masa menstruasi berlalu. Seminggu atau lebih setelah masa datang bulan adalah saat yang tepat untuk wanita usia 40-an melakukan pemeriksaan mamografi.

Disamping pemeriksaan mamografi, menjaga kesehatan payudara juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan, gaya hidup dan merawat sendiri payudara. Olahraga yang teratur, menjaga berat badan, tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat dan melakukan pijat payudara dapat membantu anda terhindar dari penyakit seperti tumor dan kanker payudara.

 

Semoga informasi kesehatan payudara ini dapat membantu anda menjaga kesehatan aset berharga anda. Salam sehat untuk wanita Indonesia.