Tips Memilih Bra untuk Masa Kehamilan

Bh untuk masa kehamilanTubuh anda mengalami beberapa perubahan selama kehamilan, salah satunya payudara. Perubahan kadar hormone selama kehamilan menyebabkan aliran darah meningkat dan jaringan payudara berubah. Itulah sebabnya payudara terasa bengkak, nyeri,gatal dan lebih sensitif. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, payudara akan membesar dan daerah putting akan lebih gelap warnanya. Semua ini merupakan persiapan tubuh ibu hamil untuk memberikan makanan pada bayinya kelak.

Untuk mengurangi nyeri, anda disarankan untuk mengganti bra/BH biasa dengan BH khusus kehamilan. Penggunaan bra lama tidak memungkinkan lagi karena ukuran payudara terus berubah selama kehamilan. Ukuran cup dan lingkar payudara biasanya lebih besar terutama jika anda sedang menantikan anak pertama. Bra biasa dengan ukuran lebih besar tidak akan memberikan kenyamanan yang anda butuhkan.  Dengan Bra kehamilan yang dirancang khusus untuk menopang payudara yang semakin membesar sehingga anda merasa lebih nyaman.

Kapan waktunya  Membeli Bra / BH kehamilan

Pada usia kehamilan 6 sampai 8 bulan, ukuran payudara biasanya lebih stabil. Inilah saat yang paling tepat untuk membeli Bra / BH kehamilan. Atau ketika BH lama tidak lagi memberikan kenyamanan, anda bisa mulai menggantinya dengan BH khusus kehamilan. Bra kehamilan biasanya tidak fleksibel seperti  BH biasa karena harus mampu menopang dengan baik dan benar, selain lebih kuat jenis BH ini juga bisa mengurangi pegal atau sakit punggung.

Berapa Jumlah BH kehamilan yang harus ibu sediakan

Selama masa kehamilan sebaiknya ibu memiliki 3 sampai 4 BH kehamilan sehingga anda memilki gantinya. Supaya tidak membosankan kami sarankan ibu memilih beberapa model dan warna yang berbeda. Sebaiknya ibu menambahkan 1 atau 2 BH untuk tidur. BH untuk tidur biasanya lebih lembut dan lebih fleksibel.

Kiat dalam memilih Bra / BH kehamilan

Hindari membeli BH biasa dengan ukuran lebih besar

Coba dulu sebelum membeli. Bila kait pertama pas dan nyaman diwal kehamilan, BH tersebut akan tetap nyaman digunakan hingga masa kehamilan berikutnya- menggunakan kait 2-3.

Hindari membeli BH kehamilan dengan kawat penopang yang terasa menggigit. Kawat dibawah BH biasanya membuat tidak nyaman.

Pilih BH dari bahan katunyang lebih nyaman dan breathable dibandingkan bahan sintesis.

Pilih BH yang lembut dan tidak memilki jahitan pada putting untuk mencegah terjadinya luka.

Pilih BH yang memiliki ruang untuk tumbuh karena ukuran payudara 2-3 kali lebih besar- baik ukuran cup atau lingkar dada.

Cara menemukan ukuran Bra/ BH yang tepat

Lingkar Dada. Ukuran lingkar dada menggunakan meteran, tepat dibawah payudara. Pastikan ukurannya tidak terlalu ketat dengan meletakkan jari telunjuk dibawah meteran untuk memberi  peluang pada tubuh yang membesar saat duduk. Tambahkan 5 inci dari angka tersebut- tambahkan 1 in ci lagi jika angkanya tidak genap. Misalnya lingkar dada 32 inci, ditambah 5 menjadi 37 (lingkar dada menjadi 38). Saat mencoba BH, kaitkan pada bagian tengah sehingga BH masih bisa dipakai pada masa kehamilan selanjutnya.

Cup. Dengan BH yang dipakai saat ini, tarik meteran (Jangan terlalu kuat) disekitar bagian payudara yang paling menonjol. Perbedaan antara lingkar dada dikurangi ukuran ini akan menentukan ukuran cup. Misalnya, perbedaan 2 inci. Ukuran cup menjadi B. Berikut ini tabel selisih ukuran dan ukuran cup.

Selisih (INCI)

Ukuran

1

A

2

B

3

C

4

D

5

E

6

F

7

G

8

H

Source : Baby Guide